PPWI secara nasional membuka pendaftaran bagi peminat uji kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) lisensi BNSP bekerjasama dengan LSP Pers Indonesia. (Banner DPN PPWI). PPWI secara nasional membuka pendaftaran bagi peminat uji kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) lisensi BNSP bekerjasama dengan LSP Pers Indonesia. (Banner DPN PPWI).
 

Penulis : Redaksi  /  Editor : Ahmad Imron

Jakarta (Phinisinews.com) – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) secara nasional membuka pendaftaran bagi peminat uji kompetensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia.

Hal itu dilakukan berdasarkan hasil keputusan Temu Silahturahmi Pewarta Warga, 14 Oktober 2023, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PPWI dalam rangka mengisi bulan November sebagai Bulan Bakti Pewarta Warga adalah Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) bagi jurnalis dan pewarta warga.

Program SKW ini merupakan tindak-lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PPWI dengan LSP Pers Indonesia beberapa waktu lalu di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, kata Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, melalui press releasenya, Selasa.

Kegiatan ini, lanjutnya, merespon keinginan ribuan wartawan dan pewarta warga untuk mengikuti SKW melalui PPWI. Tokoh pers nasional itu juga menjelaskan bahwa sertifikat yang akan diterima oleh para peserta yang lulus SKW tersebut adalah sertifikat yang diakui secara nasional maupun internasional.

“Sertifikat Kompetensi Wartawan yang akan didapatkan peserta sertifikasi ini diterbitkan secara resmi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat dari BNSP tersebut berlogo Garuda Pancasila dan berhologram khusus BNSP yang dicetak di kertas tertentu di Perusahaan Negara, Perum Peruri Jakarta, berlaku di tingkat nasional dan internasional,” ujar Wilson yang juga alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012.

Untuk itu, Sekretariat Nasional PPWI mengeluarkan pengumuman penerimaan pendaftaran calon peserta SKW yakni,  1. Sekretariat PPWI Nasional membuka pendaftaran bagi wartawan dan pewarta warga, baik anggota PPWI maupun kalangan di luar PPWI, untuk mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang akan diselenggarakan PPWI bersama LSP Pers Indonesia, mulai saat pengumuman ini dikeluarkan. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 November 2023.

2. Pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan nama calon peserta melalui pesan WhatsApp dengan format: NAMA – NOMOR KONTAK/WA – KOTA/KABUPATEN – NAMA MEDIA – SKEMA KOMPETENSI PILIHAN, ke nomor kontak Panitia: 081286365336 (Eva Susanti) dan/atau 085772004248 (Mbak Wina).

3. Skema kompetensi wartawan yang tersedia untuk dipilih atau diikuti dalam program SKW kali ini adalah Skema Wartawan Muda Reporter, Skema Wartawan Muda Kameramen,  Skema Wartawan Madya dan Skema Wartawan Utama

4. Setiap peserta SKW yang merupakan anggota dan memiliki KTA PPWI yang masih aktif, diberikan potongan biaya sebesar 5 persen dari biaya yang harus dibayar. Bagi yang ingin mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi anggota PPWI sebelum mengikuti SKW, silahkan menghubungi Sekretariat Nasional PPWI di nomor kontak/WA: 085772004248 (Mbak Wina).

5. Kegiatan sertifikasi kompetensi wartawan di Bulan Bakti Pewarta Warga akan dilaksanakan pada 27 November 2023, Pukul: 08.00 – 17.00 wib atau sampai selesai, tempat: Hotel Sunlake Sunter Waterfront Resort & Convention, Jl. Danau Permai Raya Blok C1, Kecamatan Sunter, Jakarta Utara – 14350, DKI Jakarta, Indonesia

6. Setiap peserta menanggung secara mandiri biaya sertifikat dan pelaksanaan kegiatan SKW, serta transportasi dari daerah ke Jakarta dan akomodasi selama pelaksanaan kegiatan ini. Informasi terkait biaya sertifikat dan pelaksanaan kegiatan SKW dapat ditanyakan langsung kepada panitia saat pendaftaran.

7. Selain Sertifikat Kompentensi Wartawan, setiap peserta juga akan mendapatkan kaos spesial dan tas unik dari PPWI serta konsumsi pada hari pelaksanaan SKW. Juga disediakan berbagai voucher dari mitra PPWI. 8. Dalam rangka persiapan pelaksanaan SKW, PPWI Nasional memberikan program khusus diklat jurnalistik secara online bagi para peserta secara gratis. Jadwal pelaksanaan diklat dapat ditanyakan kepada Panitia.

9. Pembayaran biaya SKW ditransfer ke Rekening PPWI, yang nomor rekeningnya akan dikirimkan kepada pendaftar yang sudah masuk ke Panitia. 10. Hal-hal lain yang belum jelas terkait pelaksanaan SKW ini, agar dapat ditanyakan langsung kepada Panitia pada nomor-nomor di atas dan/atau menghubungi Sekretariat Nasional PPWI di 021-53668243, WA: 081371549165, ujarnya. (PR DPN PPWI).

Read 263 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...
  Penulis : Redaksi  /  Editor :  Fred K   Jakarta (Phinisinews.com) - Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT)...

Get connected with Us