Sehari-hari Ny. Mufidah, yang akrab disapa Ibu Ida memasak untuk Pak JK sekeluarga. Kebiasaan tersebut sudah berlangsung sejak lama. Sebagai perempuan berdarah Minang, Ibu Ida amat piawai meracik masakan Padang, terutama rendang.

Rendang racikan Ibu Ida sudah kesohor di lingkungan kerabat dan sahabat sahabat JK yang sering dijamu santap siang atau malam di kediaman JK.

Bahkan tidak jarang ada diantara tamu yang membungkus pulang masakanPadang Ibu Ida seperti rendang dan sayur daun ubi. Hamid Awaludin, mantan Menteri Hukum dan HAM salah satu “pelanggan take away,” masakan Ibu. Hamid tidak sungkan-sungkan membungkus masakan Ibu yang selalu mengundang selera nambah.

Pengusaha, ekonom sampai politisi sekelas Perdana Menteri Malaysia. Najib bin Abdul Razak, sudah pernah merasakan kelezatan masakan Padang Ibu Ida.

Pak JK sendiri yang punya kebiasaan makan di rumah, sudah pasti menjadi pelanggan utama. Ketika menjabat sebagai Wapres pun, rantangan masakan Ibu Ida selalu setia menjadi menu makanan utama.

“Saya dari dulu memasak langsung buat bapa,” kata Ibu Ida. Tidak jarang Ibu Ida sendiri yang menyiapkan sejak dari belanjaan vahan sampai memasak, dibantu satu dua orang pembantu di dapurnya.

“Enak juga rasanya memasak buat bapa, apalagi kalau lahap makannya, sebagai wanita tentu senang rasanya kalau masakan dipuji suami,” tambah Ibu Ida.

Dengan memasak sendiri, sambung Mufidah JK, dirinya bisa menyiapkan masakan sehat dengan menu seimbang, sehingga kondisi tubuh bapa selalu fit karena makanannya menu sehat racikan sendiri. Meski mengakui sesekali Pak JK makan di restoran terutama kalau jalan bersama anak-anak. Tetapi racikan kombinasi antara masakan Padang, serta ikan bakar Makassar, cukup membuat Pak JK betah makan di rumah.

Bulan puasa ini hari hari tersibuk Ibu Ida, seperti juga ibu-ibu rumah tangga lainnya. Karena harus menyiapkan sahur di subuh hari, serta tajil untuk berbuka serta aneka kebutuhan rumah tangga selama bulan suci ramadhan.

By. Husain Abdullah

Read 2828 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Feature
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...

Get connected with Us