Yusri Syam sedang melakukan pebekalan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara bagi warga binaan Rumah Tahanan Kelas II B Malino. (Foto : Dok Rutan Malino). Yusri Syam sedang melakukan pebekalan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara bagi warga binaan Rumah Tahanan Kelas II B Malino. (Foto : Dok Rutan Malino).
 

Penulis : Uci Syam  /  Editor : Ahmad Imron

Malino, Gowa, Sulsel (Phinisinews.com) - Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Malino Ambo Asse, bersama Pembina Paskibraka Kabupaten Gowa, Yusri Syamsuddin, S.Pd.i  melakukan pembekalan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara bagi warga binaan Rutan Malino.

Sebagai warga binaan, diharapkan terus memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara dan sadar bahwa kita berada ditempat yang memiliki bahasa,  ideologi, budaya dan sejarah yang sama dan mempunyai aturan aturan, baik dalam bidang politik, militer,  ekonomi, sosial, budaya yang diatur oleh negara.

Hal itu dikemukakan oleh Ambo Asse dan Yusri di hadapan puluhan warga binaan Rumah Tahanan Malino, di Malino, Kabupaten Gowa, sekitar 65 kilometer dari Makassar, Kamis.

Menurut Yusri, Negara adalah suatu wilayah yang kekuasaannya, baik politik, militer,  ekonomi, sosial, maupun budaya diatur oleh suatu  pemerintahan

Di era globalisasi ini, banyak tantangan memang bagi negeri kita, namun kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya rakyat dan pemerintah untuk bersama sama memberikan pemahaman bagi rakyatnya, khususnya kaum muda.

Pemerintah ikut bertanggung jawab mengemban amanat untuk memberikan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warganya, bila rakyat bangsa Indonesia sudah tidak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, maka ini merupakan bahaya besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai bela negara yang harus lebih dipahami penerapannya dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara antara lain, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara, ujarnya sambil menguraikan beberapa contoh. (US/AI).

Read 250 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us