Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, disuntik vaksin dosis ketiga, Moderna. (Foto : Humas Pemkab Sinjai). Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, disuntik vaksin dosis ketiga, Moderna. (Foto : Humas Pemkab Sinjai).
 

Penulis : Fred K  /  Editir : Mitha MK

Sinjai, Sulsel (Phinisinews.com) – Setelah tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas menerima vaksin Moderna. Kini giliran pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, disuntik vaksin dosis ketiga.

Vaksin yang melibatkan tim vaksinator Puskesmas Balangnipa dan dokter dari Puskesmas Kampala itu berlangsung di Aula Pertemuan Dinkes Sinjai, Sulsel, pekan ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sinjai, Akhriani mengatakan, pemberian vaksinasi moderna ini merupakan upaya untuk memberikan perlindungan yang optimal dan keselamatan nakes saat bertugas memberikan pelayanan kepada pasien.

“Hari ini kita jadwalkan kembali vaksinasi dosis ketiga lingkup Dinas Kesehatan. Jumlahnya ada sekitar 100 orang sasaran, tetapi mereka tetap menjalani skrining terlebih dahulu, sehingga belum tentu yang sekian jumlahnya bisa divaksin,” ujarnya.

Menurut dia, proses vaksinasi dosis ketiga jenis moderna ini, sama dengan vaksin jenis sinovac sebelumnya. Semua peserta terlebih dahulu mengikuti tahap pemeriksaan atau skrining.

Selama ini, dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan. Para tenaga kesehatan vaksinasi mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi yang signifikan.

“Kami berharap seluruh Nakes di Kabupaten Sinjai, minimal 90 persen itu sudah tervaksinasi di bulan Oktober ini karena kita ingin mengakselerasi pencapaian untuk vaksin ketiga,” ucapnya tanpa menyebut angka.

Salah seorang peserta vaksinasi covid-19, Hilmiyah mengaku setelah divaksin jenis moderna, ia tak merasakan adanya gejala yang ditimbulkan.

“Alhamdulillah perasaannya baik, tidak ada keluhan, sama saja dengan vaksin pertama dan kedua kemarin. Apalagi sebelum divaksin kita diperiksa oleh dokter. Jadi keamanannya sudah dipastikan oleh dokter,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ria Dwisafril Hairil juga mengaku tidak merasakan gejala berat pasca disuntik.

“Alhamdulillah sudah mendapat vaksin ketiga jenis moderna, setelah sebelumnya mendapat suntikan dosis pertama dan kedua jenis sinovac. Setelah divaksin saya merasa aman dan nyaman, pokoknya vaksin moderna itu aman,” ujarnya.

Selain vaksinasi untuk nakes, juga terus dipacu vaksinasi untuk masyarakat umum dan penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat yakni wajib menggunakan masker dan double masker untuk semua aktivitas, mencuci tangan memakai sabun di air mengalir untuk mengawali dan mengakhiri kegiatan di semua aktivitas serta terus menjaga jarak dan menghindari kerumunan di tempat tempat umum dengan sasaran agar pandemi covid-19 segera berakhir, sebab kini levelnya terus turun di seluruh Sulsel, termasuk Kabupaten Sinjai. (FK/Q/MMK).

Read 1100 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us