Berbagai Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Fakultas Hukum dan FISIP Universitas Indonesia Timur (UIT) serta Campus Camps yang dilaksanakan Mahasiswa BEM Fak Hukum UIT di Pulau Kodingareng, Makassar, Sabtu (25/5).  (Foto : Panitia PKM dan Campus Camps UIT). Berbagai Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Fakultas Hukum dan FISIP Universitas Indonesia Timur (UIT) serta Campus Camps yang dilaksanakan Mahasiswa BEM Fak Hukum UIT di Pulau Kodingareng, Makassar, Sabtu (25/5). (Foto : Panitia PKM dan Campus Camps UIT).
 

Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK    

Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas Indonesia Timur (UIT), Dr Abdul Rahman, SE, MM menyatakan, UIT siap memfasilitas kuliah gratis melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi anak anak Pulau Kodingareng, Kota Makassar, yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Rektor Abdul Rahman menyatakan itu saat menghadiri kegiatan Fakultas Hukum bekerja sama FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) UIT menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) serta Campus Camps yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UIT di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, sekitar 3,8 mil laut atau sekitar satu jam menggunakan kapal motor kayu penyebarangan tradisional dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05).

Kegiatan yang dilakukan antara lain, Sosialisasi kampus, sosialisasi hukum pencegahan kekerasan pada anak dan upaya mengurangi pernikahan dini usia di bawah umur, Jurnalis warga (Citizen Journalism / Pewarta Warga) serta sosialisasi penjaringan mahasiswa baru (Maba) tahun 2024.

Tahun 2023 lalu, menurut Rektor, UIT memdapat beasiswa KIP sebanyak 300-an lebih mahasiswa untuk kuliah gratis. “Raihan itu terbanyak di level perguruan tinggi swasta di Kota Makassar,” ujarnya.

“Anak anak Pulau tidak boleh stagnan setelah lulus SMA karena alasan keterbatasan  biaya atau paradigma lain yang tidak membangun. Ubah paradigma itu, UIT siap membantu warga Pulau Kodingareng yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, dan siap memfasilitasi untuk mendapatkan pendikan geratis sampai lulus,” janji Rektor.

Menurut dia, anak anak Pulau harus mampu membangun perekonomian Pulau Kodingareng yang lebih baik dari sekarang, serta dapat memilih bekerja di sektor lain, selain profesi nelayan yang secara turun temurun digeluti, untuk meningkatkan kesejahteraannya dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

“Jangan ragu kuliah di UIT yang terakreditasi ‘Kampus Baik Sekali’ dan juga Fakultasnya juga ‘terakreditasi Baik Sekali’ serta memiliki 18 Prodi (program studi),” ucap Rektor Abdul Rahman.

Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP UIT, Fyan Andinasari Kuen, S.IP, M.IKom mengatakan, setiap daerah memiliki sumber daya alam yang khas dan unik, baik wisata maupun produk kuliner atau produk lainnya.

Semua potensi yang ada harus diperkenalkan (dipromosikan) melalui alat komunikasi digital dengan memanfaatkan media sosial agar lebih dikenal melalui kegiatan Pewarta Warga atau biasa disebut Citizen Journalism dan dipublish (disiarkan) di media sosial, online dan media mainstream (media arus utama).

Hampir semua warga Pulau Kodingareng ini sudah memiliki perangkat kerja pewarta warga yakni handphone android dan terampil menggunakannya, terutama foto, selfi serta mengabari melalui tulisan berbagai hal dan itu adalah kegiatan Citizen Journalism serta sudah beraktivitas di media sosial memperkenalkan daerah dan kegiatan yang ada di daerah, ujarnya.

Dosen Komunikasi UIT yang juga berpengalaman sebagai Video Journalist, Mitha Mayestika Kuen, S.IP, M.IKom mengatakan, jadikanlah Pulau Kodingareng terkenal dengan menuliskan informasi positif agar menarik minat wisatawan, baik wisatawan lokal, wisatawan nusantara, maupun mancanegara untuk datang ke pulau ini.

Mitha langsung mengajarkan warga praktek fotografi praktis beserta pengulasan kode etik foto dan pengambilan gambar foto, serta foto estetik yang boleh diedit atau tidak serta tidak lupa untuk melakukan pengecekan fakta berita untuk menghindari berita hoaks dalam penulisan kejadian beserta kode etik penulisannya.

Selain itu, UIT juga melakukan sosialisasi kampus pada malam harinya yang dibawakan oleh beberapa mahasiswa, baik dari ilmu Hukum maupun ilmu Komunikasi yang menceritakan pengalaman selama kuliah di kampus UIT.

Salah seorang mahasiswa ilmu Komunikasi, Indah membeberkan, bahwa selama kuliah pada jurusan ilmu Komunikasi UIT, selain skill (keahlian) jurnalistik seperti fotografi, menulis berita, saya juga kini bisa menghasilkan uang sendiri dari kuliah interpreneur digital media.

Selain itu, lanjutnya, saya juga mendapatkan beasiswa kampus mengajar dari kementerian, yang merupakan hal membanggakan dan tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan itu.

PKM serta Sosialisasi kampus UIT ditanggapi antusias oleh warga, baik dari kalangan bapak-bapak, ibu-ibu serta remaja dengan ikut berpartisipasi dalam praktek fotografi yang diberikan.

Sesi pertama sosialisasi Hukum pernikahan di bawah umur dengan pemateri Wakil Dekan Fakultas Hukum, Abd Basir, S.Ag, MH dan Arry Irawan, SH, MH, didampingi Ketua BEM FH UIT.

Sesi kedua diisi kegiatan Citizen Journalism oleh Ka Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UIT, Fyan Andinsari Kuen, S.IP, M.I.Kom dan Dosen Ilmu Komunikasi, Mitha Mayestika Kuen, S.IP, M.I.Kom serta dimoderatori oleh Ka Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UIT, Sitti Mirsa, S.IP, M.Si

Sesi ketiga diisi dengan kegiatan sosialisasi perekrutan Mahasiswa Baru (Maba) oleh Rektor UIT, Dr Abdul Rahman didampingi Ka Prodi Ilmu Pemerintahan Sitti Mirsah, S.IP, M.Si dan Ka Prodi Ilmu Komunikasi, Fyan Andinasari Kuen, S.IP, M.IKom.

Kegiatan ini disambut baik oleh Lurah Kodingareng Ronny Catur Prabowo yang menyatakan, kegiatan ini sangat besar manfaatnya karena dapat memberikan pemahaman hukum kepada warganya dan cara mempromosikan potensi Pulau secara benar memanfaatkan media sosial.

Seluruh kegiatan digelar di Baruga LPM Kelurahan Kodingareng dan kegiatan ini mendapat tanggapan sangat tinggi dan positif dari warga, yang terlihat antusias menghadiri kegiatan tersebut dari siang hari hingga malam hari. (MMK/FAK).

Read 128 times
Rate this item
(1 Vote)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...

Get connected with Us