Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel, dibarengi penerapan Prokes sangat ketat. (Foto : Istimewa). Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulsel, dibarengi penerapan Prokes sangat ketat. (Foto : Istimewa).
 

Penulis : Fred K  /  Editor : Mitha MK

Gowa, Sulsel (Phinisinews.com) – Pemerintah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas (PTMT) serentak di semua sekolah dibarengi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

PTMT dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Bupati Gowa,  Adnan Puricha  Ichsan Nomor: 800/1272/Disdik/X/2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas pada satuan pendidikan di Kabupaten Gowa, mulai 1 November 2021.

Selama dua tahun pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara online (daring) dan saat penyelenggaraan PTMT, prokes dilakukan ketat dan hanya untuk 50 persen dari seluruh siswa sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Hj. Rieke Susanti di Sungguminasa, Gowa, Rabu, menjelaskan, PMTM hanya boleh diikuti siswa dan guru yang sudah di suntik vaksin dosis satu dan dua dan yang belum di vaksin tetap melakukan pembelajaran online

Saat ini, cakupan vaksin di tingkat pelajar Gowa mencapai 50 persen dosis pertama dan dosis kedua baru 20 persen dari target 28.000 orang siswa.

Selain itu, siswa yang ikut PTMT hanya yang mendapat isin orang tua ataupun wali murid.

Pemantauan lapangan di salah satu sekolah yakni di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Centre Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulsel, menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

Kepala SDN Centre Malino, Abdul Salam mengatakan, di awal PTMT ini selaku kepala sekolah bersama guru-guru telah mempersiapkan beberapa proses, baik teknis maupun non teknis serta seluruh guru dan kepala sekolah sudah di suntik vaksin dosis dua.

Non teknis kita batasi siswa hanya 50 persen dari total 300 siswa dibagi dua rombongan belajar dan teknisnya, mulai pintu gerbang masuk pekarangan sekolah dilakukan pengukuran suhu badan; katanya.

Kemudian dilanjutkan dengan cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir yang fasilitasnya pihak sekolah sudah menyediakan sebelum masuk ke kelas dan sekolah juga menyiapkan masker bagi siswa yang datang ke sekolah lupa atau tidak memakai masker serta jalur masuk dan keluar terpisah satu dengan yang lain dan saat antri masuk atau keluar tetap menerapkan jaga jarak yang terus dikontrol.

Intinya, prokes tersebut adalah wajib menggunakan masker untuk semua, baik anak didik maupun pendidik, lalu terus menjaga jarak serta tidak melakukan kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir saat mengawali dan mengakhiri kegiatan, ucapnya.

PTMT ini mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak, dari orang tua murid, guru, kepala sekolah serta unsur pemerintah serta masyarakat umum.

Sebab, bila PTMT dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, maka diyakini kita akan sukses mengalahkan pandemi covid-19, selain suntik vaksin untuk semua kelompok masyarakat yang memungkinkan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut dan dengan koordinasi yang baik dengan pihak Dinas Kesehatan, maka tidak ada pilihan lain, untuk mengalahkan pandemi covid-19 maka protokol kesehatan harus kita laksanakan secara ketat, seperti di sekolah kami SDN Cenre Malino ini, ujarnya.

Pemantauan melihat, antusiasme siswa untuk kembali melaksanakan sekolah tatap muka terbatas di semua sekolah di Kabupaten Gowa, setelah sekian lama menjalani sekolah daring (online) akibat pandemi covid-19. (FK/Q/MMK).

Read 853 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us