Ketua Dekranasda Sulsel Membuka Lomba Busana Sutera Sulsel di Makassar (Foto Humas Pemprov Sulsel). Ketua Dekranasda Sulsel Membuka Lomba Busana Sutera Sulsel di Makassar (Foto Humas Pemprov Sulsel).
 

Penulis : Fred Kuen

Editor Mitha K

Makassar (Phinisinews.com) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin membuka Lomba Peragaan Busana (Fashion Show) Sutera, di Makassar, Kamis.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Pekan Produk Kreatif Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak..

Lies mengatakan, tahun depan kualitas sutera Sulsel akan jauh lebih baik. Karena, tahun ini dana yang dikucurkan untuk pengembangan sutera disalurkan ke Kabupaten Soppeng dan Wajo.

“Saya berdiskusi dengan Pemda Wajo, mereka juga akan mengirim pengrajin sutera mereka belajar ke Thailand,” ujar Lies, Istri Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah.

Menurut dia, saat ini ada 10 hektare lahan murbei untuk menghasilkan benang sutera. Selama ini, harga sutera masih mahal karena benangnya masih diimpor.

Sebagai Ketua Dekranasda Sulsel, Lies menyatakan dukungannya (mensupport) penuh kegiatan lomba peragaan busana (fashion show) tersebut. Apalagi, melibatkan perancang busana (desainer-desainer) muda untuk pengembangan sutera Sulsel.

“Kita apresiasi semua kegiatan yang dilaksanakan untuk membangkitkan kejayaan sutera Sulsel,” ucapnya.

Tidak hanya sutera, ia juga berharap semua daerah mengembangkan produk unggulan mereka. Menurut Lies, dirinya sudah bertemu dengan Pimpinan Bank Sulselbar, dan mereka memiliki program CSR untuk pengembangan produk unggulan kabupaten/kota.

“Kabupaten Pinrang, misalnya, terkenal dengan perhiasan pengantinnya. Ini harus dikembangkan,” ujarnya.

Dalam, dalam lomba tersebut setiap peserta akan menampilkan dua kategori, yakni pakaian kantor dan gaun pesta. Peserta lomba adalah pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota se Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut, Lies juga meninjau booth pameran produk unggulan kabupaten/kota se Sulsel. (FK/R-HMS/MK).

Read 1187 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Nasional
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us