Suasana pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Lisensi BNSP yang dilaksanakan LSP PI melalui TUK SPRI Tomohon di Mapolres Minahasa. (Foto : TUK SPRI Tomohon). Suasana pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Lisensi BNSP yang dilaksanakan LSP PI melalui TUK SPRI Tomohon di Mapolres Minahasa. (Foto : TUK SPRI Tomohon).
 

Penulis : Ahmad Imron   /  Editor : Fred Kuen

Minahasa, Sulawesi Utara (Phinisinews.com) – Asesor Pers Lisensi BNSP, Fredrich Kuen, MSi menyatakan terima kasih mendalam kepada Kapolres Minahasa, AKBP Ketut Suryana serta Bapak Kapolri atas fasilitas tempat Penyelenggaraan Sertifikai Kompetensi Wartawan (SKW) lisensi BNSP di Mapolres Minahasa, Sulawesi Utara, pekan ini.

“Ini menjadi tempat bersejarah bagi kami sebagai Asesor, penyelenggaraan SKW Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia (PI), lisensi Lembaga Negara Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di tempat Penegak Hukum, Mapolres Minahasa, Sulut,” ujarnya.

Selama ini, menurut Fredrich yang berpengalaman melakukan Pengujian Kompetensi Wartawan sejak tahun 2011, di kalangan pers, tempat penyelenggaraan uji kompetensi biasanya dilakukan di tempat organisasi pers, tempat media main stream yang menjadi penyelenggara, di hotel atau ditempat umum lainnya dan baru kali ini penyelenggaraan di Mapolres.

Ini meperlihatkan betapa besar dukungan Polri terhadap peningkatan kinerja dan kualitas Sumber Daya Manusia Wartawan di tanah air, sehingga menjadi sangat wajar sebagai masyarakat pers kami menyatakan penghargaan yang tinggi terhadap Polri, ucapnya.

Selain itu, kalau masyarakat Pers memiliki LSP Pers Indonesia, Polri juga memilki lembaga yang sama, LSP Polri dan sebagai Asesor kami berharap ke depan terjalin kerjasama di bidang kompetensi dengan cara humas Polri secara nasional melakukan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di LSP PI agar sertifikat yang keluar disandingkan sama diantara dua LSP tersebut yakni berlogo Lambang Negara Burung Garuda.

Kesamaan lainnya, Kompetensi Wartawan adalah kinerja nol kesalahan (zero error) dan tagline Polri adalah Presisi.

Menurut dia, SKW lisensi BNSP ini tidak mengenal konstituen, siapa saja yang mengaku wartawan atau yang melakukan pekerjaan jurnalistik dan namanya ada dalam box redaksi pada media legal (berbadan hukum / memiliki AHU) dengan alamat yang jelas, serta merasa diri kompeten maka dapat mensertifikatkan kompetensinya melalui SKW.

Mereka yang namanya tercantum dalam box redaksi sebagai wartawan dapat mengikuti SKW Skema Wartawan Muda Reporter/Kameraman, yang tercantum sebagai Redaktur dapat mengikuti SKW skema Wartawan Madya dan yang tercantum sebagai Pimred, Wapimred dan Redpel dapat mengikuti SKW Skema Wartawan Utama selama memenuhi persyaratan dan portofolio, ujar Fredrich yang juga Direktur Lembaga Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan Phinisi Pers Multimedia Training Center (P2MTC).

Dua pola pelaksanaan SKW lisensi BNSP yakni portofolio atau observasi yang dilakukan secara individual, sehingga kapanpun diinginkan selama sudah memenuh syarat dan portofolio maka dapat dilakukan uji SKW di seluruh tanah air melalui TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang dimiliki LSP PI.

“Saatnya sekarang teman teman wartawan memiiliki sertifikat kompetensi yang bersifat nasional dan internasional, karena BNSP adalah Lembaga Sertifikasi Profesi milik Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diakui dunia internasional,” ucap mantan General Manager (GM) Perum LKBN ANTARA itu.

Selain kompetensi, menurut dia, yang tidak kalah penting adalah pelatihan jurnalistik untuk kalangan wartawan terus ditingkatkan frekwensi pelaksanaannya dan hal itu dapat melibatkan banyak pihak yang peduli terhadap peningkatan kualitas SDM wartawan di daerahnya.

Keunikan lain, pada SKW di Minahasa, Sulut, yakni dilakukan oleh LSP PI melalui TUK DPC SPRI (Serikat Pers Republik Indonesia) Tomohon dengan Ketua, Jerry Uno dan tempat penyelenggaraan di Minahasa oleh DPC SPRI cabang Minahasa dengan Pimpnan Jeffry Uno, kedua ketua SPRI itu adalah saudara kembar. Ini adalah peleksanaan SKW ke-4 mereka. (AI/FK).

Read 597 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Dokter News
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...

Get connected with Us