Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Timur (UIT) beserta dosen pengampuh mata kuliah Produksi Multimedia, Mitha Mayestika, mengunjungi Fajar TV, di Makassar, Senin. (Foto : Indah UIT). Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Timur (UIT) beserta dosen pengampuh mata kuliah Produksi Multimedia, Mitha Mayestika, mengunjungi Fajar TV, di Makassar, Senin. (Foto : Indah UIT).
 

Penulis : Indah  /  Editor : Mitha

Makassar (Phinisinews.com) - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Timur (UIT) beserta dosen pengampuh mata kuliah Produksi Multimedia, sangat antusias mendengarkan penjelasan produser Fajar TV tentang tahapan pra produksi siaran televisi.

Hal itu terlihat saat mahasiswa UIT didampingi dosen pengampuh melakukan kunjungan ke kantor media Fajar TV di Graha Pena jalan Urip Sumoharjo nomor 20, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin.

Antusiasme mahasiswa dijawab oleh salah satu produser Fajar TV, Ahmad Fuad Hasan, yang menjelaskan proses sunting (editing) berita hingga siap siar.

Dia menjelaskan,  Fajar TV merupakan satu – satunya media TV lokal di Sulawesi Selatan yang masih mempertahankan kearifan lokal di acara-acara produksinya, dan sebagai seorang jurnalis kami harus menjalankan tugas sesuai dengan kode etik yang berlaku dan bagi bidang lainnya juga harus menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Menurut Ahmad, dalam tahapan produksi melibatkan tim kerja  jurnalis, kameramen, editor, animator, voice over, produser, dan bagian produksi siar MCR, yang memiliki masing-masing fungsi dan tanggung jawab dalam proses produksi siaran berita televisi.

Sambil memperlihatkan proses produksi, Ahmad juga juga menjelaskan sejarah berdirinya Fajar TV pada tahun 2003 dan secara resmi bergabung dengan Fajar group  tahun 2017.

"Fajar TV ada sampai saat untuk memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya di Sulawesi  Selatan, dengan menyajikan pemberitaan yang berimbang dan tidak berpihak,” ujar Ahmad.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa Fajar TV membuka kesempatan kepada semua khalayak yang ingin magang dan merasakan langsung terjun ke dunia kerja pertelevisian.

Dosen pengampuh mata kuliah Produksi Multimedia Fakultas Komunikasi UIT yang mendampingi mahasiswanya ke Fajar TV, Mitha Mayestika Kuen, S.IP, M.IKom mengatakan,  Produksi Siaran TV ini masuk dalam mata kuliah Produksi Multimedia yang di dalamnya tidak hanya mengulas bagaimana memproduksi menggunakan berbagai media siar, namun juga proses produksi siaran tv dan radio, dengan kata lain, proses produksi siaran tv harus dikemas dengan baik sebelum siap publish (siar) di berbagai platform multimedia. (In/MK).

Read 641 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Mitha MK / Editor : Fyan AK     Pulau Kodingareng, Makassar (Phinisinews.com) - Rektor Universitas...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Sebanyak 120 kantong darah...
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...

Get connected with Us