Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, SH, MH, bersama Ketua Umum PP Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Yulius Selvanus Lumbaa, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo dan masyarakat melakukan ziarah ke makam Raja Raja Tallo di Makassar (22/7). (Foto : Sulwan Dase). Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, SH, MH, bersama Ketua Umum PP Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Yulius Selvanus Lumbaa, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo dan masyarakat melakukan ziarah ke makam Raja Raja Tallo di Makassar (22/7). (Foto : Sulwan Dase).
 

Penulis : Sulwan Dase  /  Editor : Fred K

Makassar (Phinisinews.com) – Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, SH, MH, bersama Ketua Umum PP Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Yulius Selvanus Lumbaa, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo dan masyarakat, melakukan ziarah ke makam Raja Raja Tallo di Makassar.

Kedatangan Pangdam yang juga cucu Raja Bone ke-32, Andi Mappanyukki beserta rombongan di Kompleks Makam Raja-Raja Tallo, Jumat, disambut secara adat oleh komunitas  masyarakat adat Tallo serta permainan tradisional Paraga.

Nuansa haru dan bahagia menyatu terpancar dalam rumpun keluarga Tallo maupun rombongan peziarah, sebab ziarah tersebut seperti sebuah reuni keluarga yang datang dari berbagai daerah di Sulsel seperti Toraja, Bone, Gowa, Pangkep, Sinjai dan lainnya.

Ziarah dilakukan Pangdam sebagai ajang pemersatu dan silaturahmi antara Kerajaan Tallo, Gowa, Bone dan Toraja yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Diantara makam yang di ziarahi yaitu Makam Raja Tallo ke 7, I Mangiyarrang Daeng Makkio Karaeng Kanjilo Sultan Abdul Ja'far Muzaffar dan Istri Raja Tallo Sultan Mudaffar (Raja Tallo ke 7) yang bernama Puang Sawerannu.

Ketum PMTI menyampaikan bahwa saat ini para Budayawan Sulsel sedang melaksanakan kegiatan Gotong Royong Gerakan Kebudayaan “Sipakatau” selama tiga setengah bulan lamanya. Dan PMTI sangat mendukung gerakan tersebut. (SD/FK).

Read 721 times
Rate this item
(0 votes)
Published in Citizen Journalism
Login to post comments

Galleries

 
  Penulis : Redaksi  /  Editor : Fred Daeng Narang Bulukumba, Sulsel (Phinisinews.com) – Masyarakat adat...
  Penulis : Fred Daeng Narang  /  Editor : Mitha K Makassar (Phinisinews.com) – Kawasan Wisata Terpadu Gowa...
  Penulis : Andi Mahrus Andis.   Makassar (Phinisinews.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi...
  Penulis : Redaktur Medan (Phinisinews.com) - Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia, Hence...

Get connected with Us